Komponen Kesuburan Tanah


_____

  1. Jeluk mempan perakaran yang  memadai [nama lain solum, merupakan daerah jelajah akar, perlu dikonservasi menghadapi erosi].
  2. Struktur tanah yang optimum [mengatur imbangan air-udara dan kemudahan ditembus akar].
  3. Reaksi tanah yang optimum [mencerminakan ketersediann/kelarutan unsur hara serta dominansi mikrobia].
  4. Hara cukup dan seimbang [macam, jumlah dan nisbah].
  5. Penyimpanan dan penyediaan hara dan lengas yang optimum [berkaitan dengan Kapasitas Pertukaran Kation, buffering capacity, serta  retensi lengas].
  6. Humus yang cukup [penyimpanan C-organik dalam tanah, berfungsi dalam khelasi, sebagai sumber materi dan energi bagi mikrobia].
  7. Mikrobia bermanfaat [melakukan sinergisme, pelaku aktif daur hara dan materi].
  8. Bebas bahan meracun [berupa senyawa toksin dan limbah].

4 thoughts on “Komponen Kesuburan Tanah

  1. assalamualaikum….

    apa kabar pak ? semoga selalu dalam naungan kasih sayang Allah.
    saya sekarang bekerja sbg PPL di salah satu kelurahan di kota dumai.
    sebagaimana bapak tahu riau hampir sebagian besar di dominasi gambut (lahan marginal).
    penempatan saya di daerah spt ini seolah menjadikan saya tidak dapat berbuat banyak utk pertanian.
    saya sudah belajar banyak sewaktu dibangku kuliah ttg pengelolaan gambut. tapi terkadang tidak cukup aplikatif ilmu2 tsb di lapangan. mohon di berikan saran, wejangan, link2 bermanfaat utk saya menerapkan teknologi pengelolaan gambut/ bagaimana budidaya yang tepat di gambut utk segala sub sektor pertanian. terima kasih. terima kasih
    wassalam

  2. Pak Nasih, saya tertarik dengan masalah kesuburan tanah terutama artikel diatas.. Masalahnya saat ini produk pupuk organik memang banyak mulai menggeliat dan lumayan juga diminati oleh banyak para pekebun.. Saya pengen menanyakan apakah pelepah daun sawit itu dapat dikomposkan dengan cepat karena saya merasa sayang banyak bahan organik yang menumpuk dikebun.. mungkin ada hal yang Pak Nasih bisa bantu saya dalam menggulangi masalah pelepah daun sawit khususnya mempercepat pengomposan pelepah daun sawit terutama penggunaan aktivator mikroorganisme seperti apakah yang bisa mempercepat pelepah daun sawit tersebut menjadi kompos..
    trima kasih atas sarannya

Leave a Reply

