Pengertian Kesuburan Tanah


1. 

Kopi (Foto: agrobost organik)

2.

Padi (Foto: agrobost organik)

Tanah yang subur lebih disukai untuk usaha pertanian, karena menguntungkan. Sebaliknya terhadap tanah yang kurang subur dilakukan usaha untuk menyuburkan tanah tersebut sehingga keuntungan yang diperoleh meningkat.

Kesuburan Tanah adalah kemampuan suatu tanah untuk menghasilkan produk tanaman yang diinginkan, pada lingkungan tempat tanah itu berada. Produk tanaman tersebut dapat berupa: buah, biji, daun, bunga, umbi, getah, eksudat, akar, trubus, batang, biomassa, naungan atau penampilan.

Tanah memiliki kesuburan yang berbeda-beda tergantung faktor pembentuk tanah yang merajai di lokasi tersebut, yaitu: Bahan induk, Iklim, Relief, Organisme, atau  Waktu. Tanah merupakan fokus utama dalam pembahasan kesuburan tanah, sedangkan tanaman merupakan indikator utama mutu kesuburan tanah.

10 thoughts on “Pengertian Kesuburan Tanah

  1. terima kasih bu…mohon maaf dan mohon ijin saya menggunakan beberapa materi dari ibu karena materinya banyak membantu saya dalam menyampaikan meteri mengenai kesuburan tanah.

  2. Membuka paradigma baru. Sy petani sawit. Selama ini sy lebih fokus ke tanamannya, bagaimana cara membuat sawit yg scr fisik sempurna, hingga hasil maksimal. Hal itu membuat sedikit kecewa saat hasil tidak sesuai harapan, padahal biaya perawatan yang dikeluarkan tidak murah. Belum lagi banyaknya pupuk yang beredar ternyata palsu. Melalui blog ini sy jadi tahu bahwa permasalahan utama adalah bagaimana cara mengelola tanah. Thanks syukron. Boleh konsul? Lewat email mungkin?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s