KKNI Pertanian


KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

BIDANG PERTANIAN – SUB BIDANG PERTANIAN

DESKRIPSI UMUM

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi mencakup proses yang menumbuhkembangkan afeksi sebagai berikut:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

DESKRIPTOR KUALIFIKASI SDM LEVEL 5 PADA KKNI

DIHASILKAN OLEH PROGRAM STUDI D-III

Deskripsi generik level 5 (paragraf pertama)

Mampu  menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas, memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisis data, serta mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur terhadap hasil kerja sendiri, orang lain, dan kelompok, yang menjadi tanggungjawab pengawasan di lingkup bidang kerjanya.

Deskripsi spesifik:

Mampu melakukan perencanaan, implementasi, pengorganisasian, supervisi mulai dari kegiatan produksi sampai pemasaran serta kemampuan analisis usaha tani mikro dan makro.

Deskripsi generik level 5 (paragraf kedua)

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan secara umum tetapi mendalam di bidang-bidang tertentu, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

Deskripsi spesifik:

Mampu menguasai kemampuan dalam budidaya pertanian, pengelolaan sistem produksi yang berkelanjutan dan mengenali komoditas unggulan.

Deskripsi generik level 5 (paragraf ketiga)

Memiliki kemampuan mengelola kelompok kerja dan menyusun laporan tertulis secara komprehensif.

Deskripsi spesifik:

Memiliki kemampuan dalam menghitung kebutuhan alat dan bahan untuk kegiatan produksi pertanian, menghitung biaya produksi, menganalisis dan menyusun laporan produksi sampai merencanakan pemasaran.

Deskripsi generik level 5 (paragraf ke empat)

Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.

Deskripsi spesifik:

Bertanggungjawab terhadap hasil kegiatan pengolahan tanah dalam persiapan budidaya pertanian, pengendalian hama dan penyakit, dan analisis usaha di bidang pertanian.

DESKRIPTOR KUALIFIKASI SDM LEVEL 6 PADA KKNI

DIHASILKAN OLEH PROGRAM STUDI D-IV atau S1

Deskripsi generik level 6 (paragraf pertama)

Mampu  memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

Deskripsi spesifik:

  1. Mampu memanfaatkan ilmu dan pengetahuan dasar dalam sistem produksi pertanian yang mendasarkan pada ilmu biologi, fisika, kimia, biometrika, dasar-dasar pengelolaan tanaman dan perlindungan tanaman untuk pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang lestari.
  2. Mampu menerapkan IPTEKS di bidang sistim produksi tanaman secara efektif dan produktif berdasarkan prinsip pertanian berkelanjutan baik secara modern maupun yang mengangkat kearifan lokal.

Deskripsi generik level 6 (paragraf kedua)

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan spesialis dan mendalam di bidang-bidang tertentu, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural

Deskripsi spesifik:

  1. Mampu memahami prinsip-prinsip sosial, budaya, ekonomi, ekologi, hukum, sains dan teknologi dalam pengembangan sistem produksi pertanian yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat, lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.
  2. Mampu memahami pengelolaan sistim pertanian terpadu yang berkelanjutan dan usaha agribisnis yang ramah lingkungan yang berbasis masyarakat.
  3. Mampu melakukan identifikasi, analisis, perumusan dan penyelesaian masalah dalam sistim pertanian yang berkelanjutan.

Deskripsi generik level 6 (paragraf ketiga)

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi:

Deskripsi spesifik:

Mampu merancang dan mengembangkan teknologi produksi secara efektif, produktif, terpadu, berwawasan lingkungan, serta mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, menilai sebuah sistem operasi agribisnis, mengelola resiko ketidakpastian.

Deskripsi generik level 6 (paragraf keempat)

Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi

Deskripsi spesifik:

Bertanggung jawab pada aktivitas budidaya tanaman secara aman, memproduksi pupuk organik dan anorganik, memproduksi agen hayati, memproduksi benih berkulitas, melakukan konservasi lahan serta mampu menyelesaikan masalah di bidang pertanian.

DESKRIPTOR KUALIFIKASI SDM LEVEL 8 PADA KKNI

DIHASILKAN OLEH PROGRAM STUDI S2

Deskripsi generik level 8 (paragraf pertama)

Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

Deskripsi spesifik:

  1. Mampu mengembangkan usaha di bidang pertanian yang berkelanjutan dan berdaya-saing, serta mengaplikasikan konsep agribisnis yang telah dikembangkan dengan menggunakan pendekatan ilmiah dalam disiplin ilmunya secara profesional.
  2. Mampu mengembangkan teknologi terapan di bidang pertanian.
  3. Mampu memahami ilmu pengetahuan di bidang pertanian serta menghasilkan produk-produk penelitian yang berguna untuk pengembangan dan pembangunan pertanian di Indonesia.

Deskripsi generik level 8 (paragraf kedua)

Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter- atau multidisiplin

Deskripsi spesifik:

  1. Mampu memecahkan permasalahan di bidang pertanian dengan berbasis penelitian yang menggunakan pendekatan metode dan penalaran ilmiah.
  2. Mampu melakukan analisis masalah bidang usaha pertanian yang berkelanjutan dan berdaya-saing dan mampu mengembangkan konsep baru serta melakukan pendekatan ilmiah dalam disiplin ilmu pertanian.

Deskripsi generik level 8 (paragraf  ketiga)

Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional.

Deskripsi spesifik:

  1. Mampu menganalisis dan mengantisipasi perubahan-perubahan lingkungan eksternal yang berpengaruh pada pengembangan industri pertanian dalam meningkatkan daya saing.
  2. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis informasi serta memformulasikan dalam bentuk model pengembangan industri perikanan terpadu dan bertanggung jawab.
  3. Mampu mengelola riset yang hasilnya berpotensi untuk diaplikasikan dan layak dipublikasikan di tingkat nasional atau internasional, dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah yang terakreditasi.

DESKRIPTOR KUALIFIKASI SDM LEVEL 9 PADA KKNI

DIHASILKAN OLEH PROGRAM STUDI S3

Deskripsi generik level 9 (paragraf pertama)

Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktik profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.

Deskripsi spesifik:

Mampu memahami ilmu pengetahuan yang lebih tinggi di bidang pertanian yang merupakan bagian dari ilmu pengetahuan atau keseluruhan ilmu pengetahuan tersebut berada pada level terbaru.

Deskripsi generik level 9 (paragraf kedua)

Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter-, multi-, atau transdisiplin.

Deskripsi spesifik:

  1. Mampu menganalisis fakta dan memunculkan ide baru dalam memecahkan permasalahan bidang pertanian.
  2. Mampu melakukan sintesis dari beberapa bagian ilmu pengetahuan untuk mengembangkan pemahaman dan menciptakan solusi baru yang tepat terhadap suatu permasalahan.
  3. Mampu melakukan sintesis dan evaluasi atau teknik yang terdepan dan spesifik yang diperlukan untuk memecahkan permasalahan kritis dalam penelitian pertanian.
Deskripsi generik level 9 (paragraf ketiga)

Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional.

Deskripsi spesifik:

  1. Mampu mengelola dan mentransformasikan permasalahan pekerjaan atau ilmu pengetahuan pertanian yang bersifat kompleks, tidak dapat diprediksi dan membutuhkan strategi penyelesaian yang baru.
  2. Mampu mendesiminasikan hasil riset dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah yang terakreditasi baik pada lingkup nasional maupun internasional.

AFEKSI SPESIFIK

General
  1. Mampu menerapkan prinsip jujur dan amanah dalam berkarya, memiliki sikap toleransi, memiliki kepekaan sosial.
  2. Mampu menggunakan teknologi (techno, human, info, dan orga-wares) dalam pengembangan produk-produk usaha pertanian.
D3
  1. Mampu bernegosiasi dan berkomunikasi secara efektif dengan pemangku kepentingan dalam sistem produksi pertanian.
S1
  1. Mampu mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerjasama dalam tim yang multidisiplin, keberanian memulai, melaksanakan dan mengembangkan usaha inovatif bidang pertanian dengan tetap mempertahankan etika berbisnis.
  2. Mampu mengelola sistem pertanian sebagai suatu sistem produksi berkelanjutan, dan mensikapi kekhasan berkehidupan pertanian sebagai method of inquiry dirinya.
S2
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif dan menjalin kerjasama yang produktif dan sinergis dengan stakeholder untuk pengembangan usaha pertanian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  2. Bekerja secara profesional dengan memiliki ketajaman analisis dan keserbacakupan wawasan di bidang pertanian.
  3. Mampu bersikap dan berperilaku untuk mengembangkan kemandirian bekerjasama dalam berkarya dan mengembangkan inovasi dengan memiliki toleransi yang tinggi.
S3
  1. Memiliki kepedulian yang kritis terhadap isu-isu pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk peningkatan mutu solusi praktis pada bidang pekerjaan pertanian yang bersifat multidisipliner.
  2. Mempunyai kemampuan untuk mempertahankan komitmen yang tinggi terhadap pengembangan terdepan dan inovasi di ranah ilmu pengetahuan serta praktek profesional di bidang kerja dalam mengembangkan ide-ide baru pada lapangan kerja atau ranah ilmu pengetahuan pertanian terdepan.
  3. Mempunyai tanggung jawab untuk berperan serta pada pengembangan dan penyelesaian praktis yang profesional serta melakukan kajian ulang terhadap kemampuan strategis yang dihasilkan dari kerja kelompok bidang pertanian.

Unduh: KKNI Pertanian

 

2 thoughts on “KKNI Pertanian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s