Tongkat Kayu dan Batu Jadi Tanaman


Oleh: Nasih Widya Yuwono

Saya ingin mengubah frasa di atas menjadi  “Tongkat kayu yang ditancapkan di batuan pun menjadi tanaman yang subur”. Inilah contoh sebuah visi yang perlu diwujudkan oleh pengajar dan pembelajar ilmu tanah.

Tanaman yang subur  ditandai dengan kemampuannya untuk menyempurnakan siklus hidup yakni pertumbuhan, perkembangan dan regenerasi. Jika batu saja dapat dijadikan media tumbuh tanaman, apalagi tanah yang merupakan anak dari batuan. Tanah hanyalah hancuran batu dalam perjalanannya bermuara ke laut. Tanah yang baik adalah tanah yang subur, karena dari tanah lah tanaman mengambil sebagian besar hara esensial penyusun tubuhnya.

Mengapa tanaman? Tanaman bukan sekedar bibit yang tumbuh, namun hasil jerih payah manasia. Tanaman merupakan kunci daur materi dan energi untuk memakmurkan kehidupan daratan. Energi dari cahaya matahari dijerat dalam biomasa agar tetap tinggal di bumi. Materi yang semula berada di bawah tanah diangkat ke atas, kegiatan tersebut menjadikan kehidupan di tanah permukaan lebih makmur.

Dalam kegiatan menanam, manusia melakukan tindakan aktif. Memilih lahan yang sesuai untuk tanaman tertentu. Memperbaiki lahan agar lebih sesuai untuk tanaman tersebut.  Melakukan pemeliharaan tanaman agar hidup lebih sempurna. Manusia harus memelihara lahan agar dapat ditanami secara berkelanjutan, mengurangi resiko bencana, menciptakan lingkungan lebih indah dan menyehatkan.

Menjadikan tanah lebih berguna untuk kehidupan, adalah tugas kita semua. Tanah dapat memberi kelimpahan materi, energi dan fasilitas lain agar peradaban umat manusia lebih bermartabat.

Catatan:  Tulisan ini dipersiapkan untuk “Workshop Program Studi Ilmu Tanah”  di Yogyakarta tanggal 30 Maret 2010.  Namun urung disampaikan karena keterbatasan waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s