Madjalah Tanah No. 1 Tahun 1964


Dari Redaksi

Sidang pembatja dan anggauta-anggauta Himpunan Pembina Ilmu Tanah Indonesia jang terhormat. Sebelum madjalah “Tanah” ini terbit dan mengundjungi Saudara-saudara, para petugas dari redaksi mengalami beberapa kesulitan a.l. kenaikan harga kertas, beaya tjetak, sedikitnja uang masuk dan kepergian beberapa orang keluar Djawa dan keluar negeri.
Karena itu, maka madjalah ini terbit tidak menurut rentjana jang sudah ditentukan untuk mana kami, para petugas redaksi, mohon dimaafkan.
Terbitnja madjalah ini adalah salah satu keputusan dari Kongres Nasional Ilmu Tanah I di Bogor pada achir tahun 1961 jang lalu. Sebab itu pengurus himpunan kita berusaha untuk melaksanakan keputusan tersebut.

Madjalah ini bersifat populer/penjuluhan dan teknik/ilmiah sesuai dengan hasil referendum para anggauta.
Disamping itu madjalah ini agar mendjadi penghubung antara para petjinta tanah umumnja dan anggauta2 himpunan chususnya.
Dapatnya madjalah ini terbit dengan langsung dan bermutu tergantung dari pada bantuan instansi-instansi jang berwenang dan saudara-saudara sekalian.

Sebab itu redaksi sangat mengharap bantuan-bantuan, baik berupa fikiran (a.l. karangan2, saran2, dll.), maupun berupa materi/keuangan.
Mudah-mudahan madjalah ini bermanfaat dalam membantu program Pemerintah kita dalam soal mentjukupi sandang pangan bagi rakjat kita seluruhnja.

Sudah selajaknya, bahwa soal tanah dan persoalan yang bersangkut paut dengan itu harus mendapat perhatian jang wadjar dari seluruh masjarakat kita, agar program sandang-pangan ini berhasil dan tanah kita selalu dalam keadaan jang sebaik2nja, agar memberi manfaat jang sebesar-besarnja kepada bangsa kita.

Dilihat dari sudut ini sangatlah penting fungsi dari madjalah kita itu.

Terhadap semua fihak jang sudah membantu dapat terbitnja madjalah ini, redaksi menjampaikan banjak-banjak terima kasih.

Jogjakarta, Djanuari 1964.

—————————–

Isi

  1. Penghijauan adalah salah satu alat dalam menjelesaikan revolusi.
  2. Survey tanah pada projek Pertanian di Tapanuli.
  3. Laporan Keuangan.

Demikian kutipan Kata Pengatar dari Redaksi Madjalah Tanah yang diterbitkan oleh Himpunan Pembina Ilmu Tanah Indonesia (Soil Science Society of Indonesia) pada tahun 1964. Sampai kapan penerbitan majalah tersebut berlangsung dan bagaimana nasibnya sekarang ?

Yang ingin membaca secara lengkap naskah tersebut silakan unduh di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s